Analisis Perkembangan 6 (Enam) Literasi Dasar pada Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Diand Mardiana Politeknik LP3I Jakarta
  • Rina Fitriani Universitas Bani Saleh

DOI:

https://doi.org/10.57119/litdig.v1i2.88

Keywords:

Basic Literacy, Education, National Competitiveness, Descriptive Analitics, Critical Thinking

Abstract

Peningkatan kualitas literasi suatu bangsa merupakan hasil dan bukti dari keberhasilan sistem pendidikan bangsa tersebut. Masyarakat menjadi lebih berpengetahuan, informatif, kreatif dan berdaya guna. Pada akhirnya akan dapat meningkatkan national competitiveness bangsa ditengah persaingan global. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi literasi dalam era kekinian. Hal ini dilakukan dengan membandingkan makna literasi awal dengan makna literasi terkini berdasarkan perkembangan zaman. Peneliti memfokuskan kajian analisis deskriptif mengenai 6 (enam) literasi dasar yang memanfaatkan data kualitatif menjadi informasi deskriptif. Informasi dalam penelitian ini dijabarkan berbentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukan dengan menerapkan budaya literasi seperti membaca, berfikir dan menulis baik sebelum maupun sesudah proses pembelajaran di sekolah, rumah atau di masyarakat akan meningkatkan Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Creativity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa. Azmi Rizky, et al., “Pengaruh Kurangnya Literasi serta kemampuan dalam berfikir kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia,” Current Research in Education:Conference Series Journal, vol. 1, pp. 2021.

Rohman. Abdur, “Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis di Era Disrupsi,” EUNOIA Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, vol.1 No 2, 2022.

A. Rahman, E. Marpaung, H. Lubis, M. Sinaga, and Z. Nawawi, “Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal”, edumaspul, vol. 5, no. 1, pp. 674-680, Mar. 2021.

Sri Astuti Iriyani, D. Milla, Y. K. Lede, and Kholidi, “Perkembangan Literasi Digital dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Bibliometrik”, IMEIJ, vol. 4, no. 2, pp. 1289–1301, Oct. 2023.

A.R. Anisa, A.A. Ipungkarti, K.N. Saffanah, “Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia”, Current Research in Education: Conference Series Journal, vol. 1, no. 1, pp. 1-12 2021.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Mardiana, D., & Fitriani, R. (2023). Analisis Perkembangan 6 (Enam) Literasi Dasar pada Pendidikan di Indonesia. Journal of Digital Literacy and Volunteering, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.57119/litdig.v1i2.88

Issue

Section

Articles